Pricelist Test Drive Booking Service Personalize Car

GENDER

KEBUTUHAN

TIPE

RANGE HARGA


Izinkan Deteksi Lokasi Anda

Harga Mobil di Agung Toyota bervariasi tergantung dengan lokasi anda berada, Izinkan lokasi pada browser anda untuk mengetahui dimana lokasi anda berada

News

21 August 2023

TOYOTA GAZOO Racing Indonesia Berikan Hadiah HUT RI ke-78 Berupa Kemenangan di Tingkat Regional Fanatec GT World Challenge Asia 2023 dan Asia Cross Country Rally 2023

TOYOTA GAZOO Racing Indonesia Berikan Hadiah HUT RI ke-78 Berupa Kemenangan di Tingkat Regional Fanatec GT World Challenge Asia 2023 dan Asia Cross Country Rally 2023

Foto 3 5

Jakarta — TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) memberikan hadiah HUT RI ke-78 dengan meraih kemenangan di tingkat regional yang lebih tinggi pada ajang touring car kelas GT4 wilayah Asia dan Jepang, serta podium juara dari gelaran Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023. Datang sebagai rookie, sports car Toyota GR Supra GT4 berhasil membawa pembalap TGRI Haridarma Manoppo bersama pembalap Jepang Nonaka Seita mengharumkan nama Indonesia, meraih podium pertama Kelas GT4 Fanatec GT World Challenge Asia 2023 Seri ke-9 dan podium ketiga di Seri ke-10 di Sirkuit Okayama Jepang, Sabtu (19/8).

 

Prestasi membanggakan berikutnya ditorehkan oleh pembalap Jepang Takuma Aoki yang berhasil menempatkan merah putih di podium pertama Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 dengan rute melintasi negara Thailand dan Laos, 14–19 Agustus 2023. Dengan semangat continuous improvement, podium ke-2 direbut oleh pembalap TGRI lainnya, TB Adhi dalam perjuangan yang menguji kekuatan fisik dan mental pembalap sejauh lebih dari 2.000 km. Takuma dan Adhi bertarung dengan menggunakan Fortuner 2.8 GR Sport bermesin diesel yang terbukti keandalannya di medan cross country yang menuntut daya tahan kendaraan sepanjang lomba. Melengkapi pencapaian manis dan hadiah luar biasa dari TGRI untuk Indonesia di kancah regional.

 

“Di momen HUT RI ke-78 yang penuh kebahagiaan ini, dengan semangat pushing the limit for the better TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) melatih pembalap Haridarma Manoppo bersama pembalap Jepang Nonaka Seita, untuk menjalankan tantangan lebih tinggi dengan berlaga di Fanatec GT World Challenge Asia 2023 Seri ke-9 dan ke-10 di Sirkuit Okayama Jepang. Mengandalkan Toyota GR Supra GT4, keduanya dengan penuh rasa percaya diri meraih podium pertama dan kedua Kelas GT4. Pembalap TGRI Takuma Aoki dan TB Adhi berhasil pula meraih podium pertama dan kedua Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023. Dua prestasi luar biasa ini, menambah semangat TGRI untuk mencatatkan prestasi tinggi lainnya di ajang balap regional,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

 

Setelah melakukan serangkaian development dan ikut serta pada sesi free practice di tahun 2022, tim TGRI tampil perdana di seri pembuka balap touring car Fanatec GT World Challenge Asia 2023 di Chang International Circuit Thailand, 12– 14 Mei 2023 silam. Haridarma Manoppo berlaga bersama pembalap Jepang Nonaka Seita, menggunakan sports car Toyota GR Supra GT4 yang sudah dimodifikasi sesuai regulasi balap Kelas GT4. Perjuangan Haridarma merupakan bukti keseriusan TGRI untuk mengantarkan pembalapnya naik ke jenjang lebih tinggi dengan turun ke lomba yang lebih kompetitif.

Persaingan di Kelas GT4 menggunakan mobil balap buatan pabrikan yang tersedia untuk umum, dan dimodifikasi sesuai regulasi sehingga seluruh peserta memiliki level performa yang setara. Dengan begitu, semua pembalap memiliki daya saing tinggi dan balapan dapat berlangsung dengan sengit sehingga kesempatan semua tim untuk meraih gelar juara menjadi setara. Secara garis besar, balap GT4 diadakan di 3 regional, yaitu Asia khususnya Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat.

 

“Kami belum berencana untuk berlaga penuh tahun ini dan hanya ikut serta di 3 negara atau 6 seri balapan, yakni Thailand, Jepang, dan Malaysia sebagai race penutup musim ini. TGRI menargetkan untuk beradaptasi semaksimal mungkin pada kondisi aktual race GT4 yang tidak kenal kompromi, mendapatkan sebanyak mungkin data race car kami di sirkuit, dan melakukan serangkaian adjustment untuk memperoleh catatan waktu yang semakin baik pada setiap seri balapan. Selain itu, kerjasama antara pembalap dan kru TGRI juga tampil maksimal dengan semangat mengharumkan nama Indonesia dikancah regional yang menghasilkan support system optimal bagi para pembalap,” jelas pembalap TGRI Haridarma Manoppo.

Foto 8 6

 

Bermodalkan DNA motorsport Toyota, tim TGRI dapat menjalani masa adaptasi dengan baik pada lomba ketiganya ini. Duo pembalap TGRI mencatatkan waktu tercepat ketiga 1:46.954 di official practice pertama dan dipertajam menjadi waktu tercepat pertama 1:37.524 di official practice kedua. Tapi saat kualifikasi pertama, keduanya hanya menempati posisi ke-4 dengan lap time 1:37.868, sementara pada kualifikasi kedua naik ke posisi ke-2 dengan catatan waktu 1:36.126.

 

Race pertama di hari Sabtu (19/8) berlangsung sangat ketat. Apalagi 6 tim balap lainnya memiliki daya saing yang tinggi lantaran sudah berlaga di 6 seri Fanatec GT World Challenge Asia 2023 sebelumnya. Namun kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat tim TGRI dalam meningkatkan performance GR Supra GT4 dan berjuang tanpa kenal menyerah hingga garis finish. Hasilnya, pasangan Haridarma dan Nonaka berhasil meraih juara pertama dengan catatan waktu 1:00:24.870 setelah menempuh lomba sepanjang 35 laps, unggul jauh 27.946 detik dari juara ke-2 yang juga menggunakan GR Supra GT4.

 

Persaingan seri ke-10 di hari Minggu (20/8) menjadi ujian berat bagi kedua pembalap TGRI karena rivalnya sudah mulai memahami karakter dan style balap mereka. Dengan semangat continuous improvementengineer Haridarma dan Nonaka menyesuaikan performance dan handling race car yang digunakan sehingga sanggup mempertahankan keunggulan meraih juara kedua dengan catatan waktu 1:01:58.684 selama 36 putaran.

 

Masing-masing pembalap memperoleh poin 43 dari kedua seri lomba. Prestasi ini menempatkan Haridarma Manoppo dan Nonaka Seita di posisi ke-3 Klasemen Pembalap Kelas GT4 dan TGRI di posisi ke-3 Kelas GT4 Klasemen Tim Fanatec GT World Challenge Asia 2023. Seri terakhir Fanatec GT World Challenge Asia 2023 akan diadakan di Sirkuit Sepang Malaysia, 22–24 September 2023.

 

Pelengkap Kado Istimewa TGRI untuk Indonesia dari Asia Cross Country Rally 2023

 

Foto 5 10     Foto 6 5


Bersama pembalap Takuma Aoki dari Jepang, Toyota Fortuner GR Sport Diesel telah berpartisipasi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR), yang kerap dijuluki sebagai Reli Dakar versi Asia, sejak tahun 2017. Fortuner GR Sport yang dipakai telah memperoleh rombakan khusus sesuai regulasi yang berlaku, mulai dari sasis hingga bodi, semua bagian diperkuat agar dapat melaju aman di rute reli yang sangat menantang tersebut. Bagian dalam dipasang roll cage untuk melindungi pembalap dan mesin memperoleh sentuhan modifikasi untuk meningkatkan performa di medan off-road.

 

Takuma Aoki dan Ikuo Hanawa, juga dari Jepang, kembali berlaga di kelas paling bergengsi T1D (modifikasi) pada ajang AXCR tahun ini. Dampak kecelakaan di GP500 tahun 1998 (sekarang Moto GP) yang melumpuhkan kedua kaki Takuma Aoki tidak menyurutkan semangatnya bertanding dibawah bendera IndonesiaMobilnya didesain secara khusus terutama untuk mekanisme gas dan rem menggunakan tangan kiri yang dipersiapkan oleh Aoki bersama dengan engineer TGRI.

 

Sementara dari Indonesia, pereli TB Adhi disiapkan menjadi pembalap lokal TGRI pertama di ajang AXCR untuk berlaga di kelas T2A-D (standard non homologasi). Namun saat scrutineering awal, pihak penyelenggara lomba melihat ada hal yang tidak sesuai dengan spesifikasi kelas T2A-D, membuat Adhi harus berkompetisi di kelas T1-D yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.

 

“Harus menghadapi kompetitor dengan spesifikasi mobil yang lebih tinggi tidak menyurutkan sedikitpun semangat pada tim. Datang sebagai pembalap lokal pertama TGRI pada ajang AXCR tentu menjadi motivasi tersendiri bagi saya untuk terus pushing the limits menghadirkan hasil yang terbaik bagi tim. Bersyukur chemistry antar driver, engineer, dan seluruh tim menumbuhkan support system yang kuat dan mampu mengantarkan TGRI meraih juara satu dan dua di kelas Mobil secara overall. Kemenangan ini tentu kita persembahkan untuk Indonesia yang baru saja berulang tahun ke-78,” jelas pembalap TGRI TB Adhi.

 

Meskipun harus berhadapan dengan lawan yang lebih unggul secara teknis, Adhi tetap berlomba dengan penuh semangat antara negara Thailand dan Laos sejauh 2.000 km yang ditempuh selama 6 hari (14–19 Agustus 2023). Bermodalkan DNA motorsport Toyota yang sudah berpengalaman di lomba cross country seperti Dakar Rally, Fortuner GR Sport Diesel terbukti begitu tangguh dan minim kendala sehingga Adhi mampu bertarung dengan konsisten untuk menempati podium kedua Asia Cross Country Rally 2023.

 

Namun sayang, mobil pembalap Ikuo Hanawa tidak dapat melanjutkan kompetisi setelah hari ke-4 karena kerusakan berat pada mesin. Bermodalkan pengalaman panjang, Takuma Aoki tampil memukau bersama Fortuner GR Sport Diesel untuk memenangkan lomba di posisi pertama AXCR 2023.

 

“Toyota tidak hanya mengejar prestasi di kancah motorsport domestik, namun juga mempersiapkan pembalap TGRI supaya dapat berkompetisi di ajang balap regional yang lebih menantang. Alhasil, skill pembalap TGRI akan semakin berkembang di samping tentunya melatih kru TGRI supaya dapat meningkatkan performa race car dengan target melampaui kinerja terbaiknya. Sejalan semangat kaizen dan visi menghadirkan ever-better cars, Toyota menggunakan data dan pengalaman penting dari sirkuit balap dunia dalam pengembangan model-model baru sesuai perkembangan trend, teknologi, dan lifestyle, serta menghadirkan excitement dan joy of GR kepada para motorsport enthusiast,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Related News

News | 05 April 2024

Toyota Posko Siaga, Toyota Bengkel...

PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hadirkan Layanan Siaga Toyota Temani Mobilitas Mudik dan Liburan Hari Raya Idul Fitri 2024 di 310 titik

Read More
News | 01 April 2024

Improvement pada New Rush GR Sport:...

Toyota dengan continuous improvement menghadirkan ever-better cars, memperkuat New Rush sebagai Medium SUV yang tampil lebih sporty dan tangguh, serta meningkatkan kenyamanan,kesan berkualitas dan premium pada Family SUV

Read More
News | 01 March 2024

Komitmen berikan Peace of Mind kepada...

Komitmen Toyota berikan Peace of Mind kepada Pelanggan, Menghimbau Pemilik Toyota Sienta, Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris Cross Tahun Produksi Tertetu untuk Memperbaiki Beberapa Parts Kendaraan di bengkel Resmi Toyota.

Read More
News | 27 February 2024

Total SPK Toyota Tembus 2.540 Unit di...

IIMS 2024 Penjualan Toyota naik 30% dari tahun lalu yang mencatatkan 1.947 SPK karena didorong oleh peningkatan sales kendaraan elektrifikasi (xEV)

Read More