Pricelist Test Drive Booking Service

Milestone

1954

Perjalanan kami di mulai pada tahun 1954
Perseroan Terbatas PT Perusahaan Dagang dan Industri “AGUNG CONCERN” disingkat PT AGUNG CONCERN didirikan pada tanggal 20 Juli 1954. Domisili perusahaan untuk pertama kalinya adalah di Jalan Tunjungan No.8-10 Surabaya.Dasar pendirian perusahaan ini adalah berdasarkan pada Akte Notaris Eliza Pondag No.43 tanggal 20 Juli 1954. Anggaran Dasar disyahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan No.JA.5/10/24 tanggal 6 November 1954 dan dimuat dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 43 tanggal 25 Januari 1955. Kegiatan usaha perusahaan dimulai dengan membeli NV Java Ford, beralamat di Jl. Tunjungan 8-10 Surabaya, yang terdiri dari 1 (satu Show room beserta 1 (satu) bengkel.lengkap dengan kantornya, dimana kedua bangunan tersebut berstatus sewa dari pihak lain.Transaksi jual beli ini merupakan perpindahan seluruh kegiatan NV Java Ford selaku Dealer Ford untuk Jawa Timur beserta seluruh personalia dan peralatannya. Dengan demikian kegiatan kedealeran Ford untuk Jawa Timur berjalan seperti biasa, yang berubah hanya kepemilikannya saja. Untuk melancarkan pengiriman kendaraan dari importir Ford di Jakarta ke Dealer di Jawa Timur, maka pada tahun yang sama dibukalah kantor perwakilan PT Agung Concern.Seiring dengan dibukanya kantor perwakilan di Jakarta, maka kegiatan dikembangkan dengan menjadi Agen dari Borsumij. Adapun agen tersebut meliputi penjualan bahan-bahan pokok baik keluar maupun kedalam negeri . Aktifitas palling besar dalam perdagangan Exportir adalah menjadi exportir gula ke RRC, sedang perdagangan dalam negeri dan antar pulau (Interinsulair) dilakukan dengan mendirikan CV Sumber. Aktifitas terbesar dari perdagangan Interinsulair adalah menjual gula secara rutin ke PT Tambang Timah – Bangka.

1956

Menjadi Dealer Chevrolet (Genertal Motor) di Jawa Timur, dengan mendirikan PT Tunjungan Motor, yang berkantor di Jl. Tunjungan No. 8-10 Surabaya.dan kantor perwakilan di Jakarta. Kegiatan utamanya adalah sebagai penyalur kendaraan bermotor dan spare parts dan perbengkelan dari merk Chevrolet. Kemudian PT Tunjungan Motor menangani juga merek-merek Opel, Holden.

1957

Mendirikan anak perusahaan PT ACO Veem di Tanjung Priok, yang menangani kegiatan Inklaring –Uitklaring, perveeman. Pergudangan dan pengangkutan. Pada tahun ini juga, perusahaan berhasil mendapatkan sebidang tanah di Pelabuhan II, Tanjung Priok, yang kemudian didirikan gudang selulas +/- 6.000 m2 dan kantor seluas 400 m2. Dalam perkembangannya, atas kebijakan pemerintah pada tahun 1960, yang menetapkan bahwa jumlah seluruh perusahaan perveeman hanya sebanyak 25 perusahaan, maka PT ACO Veem harus bergabung dengan dua perusahaan lainnya, yang selanjutnya menjadi PT EMKL Agung Raya, dan hingga kini masih beroperasi.

1958

Meningkatkan status kantor perwakilan PT Agung Concern di Jakarta, menjadi kantorcabang PT Agung Concern dan memperoleh ijin impor dan ekspor. Kegiatan import meliputi impor suku cadang kendaraan bermotor, kendaraan bermotor dalam keadaan build up maupun semi buil up untuk merek-merek Chevrolet (GM) dan Toyota. juga impor semen dan besi beton. Kegiatan ekspor meliputi ekspor gula, kulit, minyak sereh, rumput laut ke Jepang dan Eropa.

1959

Seiring dengan dilakukannya perdagangan interinsulair oleh perusahaan yang dioper dari CV Sumber , maka dibukalah cabang perusahaan di Pekanbaru. Dengan dibukanya cabang perusahaan, maka dilakukanlah beberapa kegiatan :
1. Membeli kantor dan gudang dekat pelabuhan
2. Pembelian tanah yang cukup luas, yang sebagian digunakan untuk membangun
show room, kantor dan bengkel kendaraan bermotor merek Ford.
3. Pengoperasian 10 unit Bis antar kota

1960

Mendirikan anak perusahaan yaitu PT Tranport Onderneming Riau, PT Riau Builders Coy dan PT Riau Srevice Coy, yang kesemuanya berkantor bersama PT Agung Concern di Pekanbaru, dengan kegiatan-kegiatan :
1. Melayani pengangkutan umum dengan menggunakan bus antar kota ,yaitu
Pekanbaru – Rengat dan Pekanbaru – Dumai.
2. Pada tahun ini juga dilakukan penjajagan kemungkinan ekspor karet, kopra dan
kayu, tetapi tidak jadi.
3. Juga dilakukan penjajagan kemungkinan pembangunan rumah-rumah rakyat.

1969

Mendirikan anak perusahaan yaitu PT Tranport Onderneming Riau, PT Riau Builders Coy dan PT Riau Srevice Coy, yang kesemuanya berkantor bersama PT Agung Concern di Pekanbaru, dengan kegiatan-kegiatan :
1. Melayani pengangkutan umum dengan menggunakan bus antar kota ,yaitu
Pekanbaru – Rengat dan Pekanbaru – Dumai.
2. Pada tahun ini juga dilakukan penjajagan kemungkinan ekspor karet, kopra dan
kayu, tetapi tidak jadi.
3. Juga dilakukan penjajagan kemungkinan pembangunan rumah-rumah rakyat.

1970

PT Agung Concern di Pekanbaru bekerja sama dengan Caltex dalam bidang pengangkutan karyawan Caltex, yaitu dengan mengoperasikan 52 unit bis milik perusahaan, sekaligus menjadi supplier Caltex untuk produk Unilever, Anker Bir dan produk Good Year.

1972

Memulai bisnis Toyota sebagai dealer dari Toyota Astra Motor di Surabaya dan Pekanbaru.

1977

Menambah bisnis Toyota khusus dalam penyaluran spare parts. Memindahkan kantor pusat PT Agung Concern dari Surabaya ke Jakarta, sehingga pada tahun ini kantor pusat PT Agung Concern resmi pindah dari Surabaya ke Jakarta, yaitu ke Jl. Cut Mutiah No. 5, Jakarta Pusat. Membuka cabang perusahaan di Denpasar (Bali) serta membeli,membangun show room, kantor dan bengkel lengkap dengan peralatannya. Memulai kerjasama dengan PD Ganda Mas sebagai dealer sepeda motor Honda.

1978

Membuka kantor cabang Toyota di Jambi dan Bengkulu, dan telah membeli tanah di Jambi dan Bengkulu untuk bangunan show room, kantor dan bengkel.

1990

Pada tanggal 7 Maret 19890 mendirikan PT Transilander Agung Muda berdasarkan Akta Notaris R.N Sinulingga No. 39 tanggal 7 Maret 1990. Bidang usaha perusahaan adalah jasa angkutan umum darat Pada tanggal 7 Desember 1990 PT Agung Concern membuka cabang di Pulau Batam berdasarkan akta Notaris Tuti Rachmawati Lalo SH No. 09 Pada tanggal 19 April 1990, secara resmi kepengurusan Agung Concern dipimpin oleh H.M Bukti Panjaitan sebagai Presiden Direktur dan M Ilham Panjaitan sebagai Managing Director, sesuai akta notaries R.N Sinulingga No. 197 tertanggal 19 April 1990, menggantikan Ny.O.E Panjaitan sebagai Direktur.

1992

Pada tanggal 18 Maret Agung Concern sebagai pemegang saham mayoritas di PT Serangkai Karya Agung, yaitu sebesar 90%, sesuai akta Notaris RN Sinulingga Nomor 371 tanggal 18 Maret 1992. Pendirian PT Agung Automall berkedudukan di Jakarta berdasarkan Akte Notaris R.N Sinulingga SH No. 413 tanggal 22 Juni 1992. Tanggal 28 Desember 1992 diadakan kesepakatan bersama untuk mengalihkan Divisi trading Unit Toyota ke PT Agung Automall, sehingga selanjutnya kedealeran Toyota sepenuhnya di operasikan oleh PT Agung Automall. Selanjutnya dibukalah cabang-cabang PT Agung Automall sbb :
PT Agung Automall di Pekanbaru yang berkantor di Jl, Dr,Sutomo No.13 ,Pekanbaru,Riau. Akta Notaris R.N Sinulingga ,SH nomor 426 tentang pembukaan cabang PT Agung Automall di Bengkulu yang berkantor di Jl,Pangeran Natadirja No.103, Bengkulu. Akta Notaris R.N Sinulingga,SH nomor 422 tentang pembukaan cabang PT Agung Automall di Jambi yang berkantor di Jl, Dr.Sumantri Brojonegoro No.135, Jambi. Akta Notaris R.N Sinulingga ,SH nomor 424 tentang pembukaan cabang PT Agung Automall di Denpasar yang berkantor di DOS Cokroaminoto No.47, Bali. Akta Notaris R.N Sinulingga ,SH nomor 424 tentang pembukaan cabang PT Agung Automall di Surabaya yang berkantor di Jl, Tunjungan No.8-10 Surabaya.

2014

Bersamaan dengan Ulang tahun Agung Concern ke 60 tahun, semua bisnis unit Agung Concern dilakukan Perubahan Identitas nama brand / merk. dimana sebelumnya menggunakan nama Brand Agung Automall berganti Menjadi Agung Toyota